Harga Kakao 30/10/2014 :  Ldn: n.a     NY: 2937    Medan: n.a    Aceh: Rp 32.000,- Info ini disampaikan oleh FORUM KAKAO ACEH

Petani Kakao Aceh dapat Penghargaan Nasional

Created on Thursday, 05 January 2012

Sigli - Seorang petani kakao (cokelat) Pidie memperoleh penghargaan dari Menteri Pertanian/Ketahanan Pangan Pemerintah Republik Indonesia sebagai pengelola terbaik, bersama petani cokelat asal Bali, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Barat. Zakaria Ahmad, petani cokelat Glumpang Tiga peraih penghargaan itu, memperoleh penghargaan tingkat nasional, 6 Desember lalu, setelah lulus seleksi di tingkat provinsi.

Ia mengatakan, prestasi itu diraihnya setelah fokus mengembangkan komoditas cokelatnya. Ia juga terbantu intensitas pendampingan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Pidie. “Saya punya kebun cokelat sekira 4 hektare. Setiap harinya saya habiskan waktu mengelola tanaman itu sesuai pengetahuan yang saya dapatkan dari Dishutbun,” katanya pada Harian Aceh, kemarin. Setelah mendapat pengetahuan pengembangan kakao dari Dishutbun, ia segera mempraktikkannya.

“Apa yang saya dapat dari Dishutbun, saya laksanakan saat di kebun. Akhirnya prestasi ini mengantarkan saya untuk bertemu dengan Presiden SBY di istana,” jelasnya. Selain Zakaria Ahmad, prestasi komuditas kakao se-Indonesia diraih empat orang lainnya: Imade Sumantra dari Bali, H Syariffunddin dari Sulawesi Tengah, Abraham dari Papua Barat, dan Akmaluddin dari Nusa Tenggara Barat. Kepala Dishutbun Pidie, Muhammad Hasan Yahya, mengatakan, Pemkab setempat akan memberi penghargaan pada Zakaria Ahmad atas prestasinya. Namun tidak menerangkan penghargaan itu dalam bentuk apa.

“Cukup menggembirakan kali ini patani kita dapat penghargaan tingkat nasional,” tuturnya. “Zakaria Ahmad petani yang cerdas dan telah mengharumkan daerah. Nanti kita usahakan dari Pemkab supaya ada penghargaan dalam bentuk lain.” Ia mengatakan, prestasi itu merupakan indikator dari intensitas pendampingan, sehingga keberhasilan petani Pidie dapat diraih. “Ke depan kita harap akan adanya patani lain yang punya semangat dan keterampilan, sehingga produksi kakao kita semakin meningkat,” harapnya.(muh)

sumber:harianaceh.com/16 Des 2011

Copyright © 2011 Forum Kakao Aceh - All Right Reserved